New Normal, Benarkah Cara Pemerintah Terapkan He「Real Money Gambling Site」rd Immunity Alami?

  • 时间:
  • 浏览:0

RReal MoReal Money Gambling Siteney Gambling Siteeal Money Gambling Siteia mReal Money Gambling Siteenjelaskan, herd immReal Money Gambling Siteunity atau kekebalan kelompok secara alami akan terbentuk jika semakin banyak orang yang terinfeksi dan sembuh. Sebab, semakin banyak juga orang yang kebal akan virus tersebut.

Kini pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah mulai mencabut dan melonggarkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ilustrasi herd immunity

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

"Jadi jangan ditabrakkan (new normal dengan herd immunity). Pahami ilmunya, kondisinya, dan diri kita," kata Wiku yang juga Guru Besar FKM UI dalam webinar Gerakan Alumni UI4NKRI: Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal), Rabu (17/6/2020).

Seperti diketahui, orang yang berhasil sembuh dari penyakit infeksi, tubuhnya akan memiliki antibodi untuk melawan virus tersebut bila suatu waktu virus kembali menyerang.

Baca juga: Jelang New Normal PSBB Dilonggarkan, Apa Saja Indikator Penerapannya?

Mengingat kasus Covid-19 yang masih tinggi namun konsep new normal mulai diberlakukan, apakah ini upaya pemerintah menerapkan heard immunity alami secara tidak langsung?

Ia mengatakan, akan sulit untuk menerapkan herd immunity alami di Indonesia, mengingat jumlah penduduknya yang banyak sehingga akan memakan waktu puluhan tahun.

Baca juga: Meninggalkan Kebiasaan Lama, Kunci Bertahan di Tengah New Normal

Wiku mengatakan, kondisi herd immunity ini akan terjadi jika ada penularan aktif di masyarakat. Sementara, pada saat ini pemerintah berupaya memutus rantai penularan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

KOMPAS.com - Jumlah penambahan kasus Covid-19 masih cukup tinggi di Indonesia. Beberapa hari terakhir rata-rata penambahan sebanyak 1.000 kasus, hingga per 16 Juni 2020 total lebih dari 40.000 orang terinfeksi.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prof. drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmito, M.Sc, menyebutkan bahwa new normal tak bisa dikaitkan dengan herd immunity. Keduanya berbeda konsep.

Di sisi lain, pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal, mengembalikan aktivitas masyarakat guna menggerakkan perekonomian yang sempat tersendat.