Banjir Jakarta, BMKG: Waspada Hujan Hari Ini dan 4 Hari ke Depan

  • 时间:
  • 浏览:0

Sementara itu BMKG memprediksikan untuk besok, Minggu (21/2/2021), intensitas curah hujan akan kembali menjadi rendah.

Lalu, pada tanggal 23-24 Februari 2021 mendatang, peningkatan curah hujan akan kembali terjadi di Jabodetabek.

Pertama, hujan yang jatuh dari wilayah hulu akan bermuara di Jakarta. Kedua, adanya pasang naik air muka laut. Ketiga, adanya hujan yang terjadi di wilayah Jakarta itu sendiri.

"Jadi kita hari ini masih harus waspada, waspada berikutnya tanggal 23-24 (Februari 2021)," jelas Dwikorita.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto MSi menambahkan, ada tiga kondisi yang juga harus menjadi perhatian bersama mengenai dampak banjir di DKI Jakarta.

Berikutnya, pada Senin (22/2/2021), meski sebagian besar wilayah Jabodetabek diprediksi mengalami hujan intensitas cenderung rendah, di bagian selatan Jabodetabek justru akan mendapati curah hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Baca juga: Kenapa Udara Panas Saat Mau Hujan?

Baca juga: Banjir Jakarta dan Bekasi, Ini Daftar Wilayah Masih Berpeluang Hujan

"Hari ini, prediksi kami justru akan terjadi peningkatan curah hujan (di Jabodetabek)," kata Dwikorita Karnawati selaku Kepala BMKG dalam konferensi pers daring, Sabtu (20/2/2021).

Untuk diketahui, sejak kemarin Jumat (19/2/2021), sejumlah wilayah di Jabodetabek telah diguyur hujan intensitas ringan hingga sedang yang mengakibatkan terjadinya banjir di sejumlah titik.

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap peningkatan curah hujan terjadi hari ini, Sabtu (20/2/2021).

Dijelaskan oleh Dwikorita, peningkatan intensitas hujan di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) hari ini akan terjadi dari skala ringan-sedang dan dapat berkembang menjadi lebat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email