Jalan Panjang Ben「Baccarat official website」dera Pusaka, Pernah Dibelah Jadi Dua Sebelum 'Pensiun'

  • 时间:
  • 浏览:0

MBaccarat official wBaccarat official websiteebsiteeski demikiBaccarat official websitean, tak mudah baginya untuk mendapatkan kain tersebut.

Karena kondisi kandungannya sudah mendekati kelahiran, dokter melarang Fatmawati untuk menggunakan mesin jahit kaki.

Baca juga: Sejarah Bendera Merah Putih

Setahun kemudian, bendera hasil jahitan Fatmawati itu digunakan ketika upacara Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1945.

KOMPAS.com - Pada saat proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 194Baccarat official website5, bendera Merah Putih yang dikibarkan merupakan jahitan dari Fatmawati, istri Bung Karno. 

Ia pun terpaksa menjahit bendera itu dengan kedua tangannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Baca juga: Sejak Kapan Bendera Merah Putih Jadi Lambang Indonesia Merdeka?

Beruntung ia mendapatkan bantuan dari Shimizu, orang yang ditunjuk oleh Pemerintah Jepang sebagai perantara dalam perundingan Jepang-Indonesia.

Namun, bendera itu bukanlah bendera baru, tetapi telah dijahit sebelumnya pada Oktober 1944 atau dua minggu sebelum kelahiran putra sulung keduanya, Guntur Soekarnoputra.

Bendera itu pun selesai dijahit dalam dua hari dan menjadikannya sebagai yang terbesar di Jakarta setiap kali dikibarkan di halaman rumahnya.

Fatmawati menjahit bendera itu setelah Jepang mengizinkan pengibaran bendera Merah Putih dan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya.

Harian Kompas, 16 Agustus 1975 menuliskan, bahan kain tersebut diantarkan langsung ke rumah Bung Karno di Jalan Pegangsaan Timur.